JAKARTA sampai Digitalisasi penting untuk keperluan mendorong peningkatan daya saing perbankan di daerah. Itu karena perbankan di daerah punya peran strategis bagi menggeliatkan perekonomian kerakyatan di setiap daerah di Indonesia. Diungkap EVP Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service Telkom, Dedy Mardhianto, penting bagi BPD menghadirkan layanan berbasis teknologi di era digital seperti sekarang ini.
1. Transformasi Digital
Dedy mengatakan, digitalisasi penting agar layanan BPD dapat diakses ringan oleh nasabah. Selain itu dia agar BPD mampu bersaing dengan dia bank-bank nasional maupun swasta serta para pemain fintech siapa layanannya semakin hari kian diminati oleh nasabah belia apa tech-savvy.
“Transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan bagi BPD untuk keperluan berdaya menjawab tantangan. Dengan kehadiran layanan perbankan berbasis teknologi digital, diharapkan BPD dapat memenuhi standar industri perbankan nasional maupun internasional,” kata Dedy ke dalam keterangan resminya, Sabtu (1/3/2025).
Dalam menjawab tantangan infrastruktur teknologi informasi BPD, Dedy menyebut bahwa Telkom memiliki tiga solusi digital, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Service. Solusi hal ini dirancang khusus demi membantu BPD menjalankan transformasi digital secara efisien dan terjangkau.
Tiga solusi komprehensif dari tempat Telkom itu, menurut Dedy, memungkinkan menjawab tantangan BPD lainnya, di antaranya keterbatasan tenaga ahli di bidang teknologi digital, analisa data, palsu intelligence, dan cyber security, serta mengubah budaya berkerja yang mana masih stagnan berasal dari sistem konvensional menuju digital.
2. Solusi Digital
Selain menghadirkan tiga solusi digital, Telkom menggelar acara workshop yang mana dibuka oleh Rachmad Dwi Hartanto selaku EVP Telkom Regional 4 Kalimantan. Workshop barang ini menghadirkan sejumlah narasumber, membahas solusi digital yang seperti dapat dimanfaatkan BPD untuk keperluan menghadirkan layanan digital bagi nasabah.
Hadir masuk acara workshop sejumlah pejabat dan perwakilan daripada BPD se-Kalimantan yaitu Bank Kalbar, Bank Kaltimtara, Bank Kalsel, dan Bank Kalteng serta narasumber eksternal dari tempat Bank DKI, Yesty, selaku Pimpinan Divisi Bisnis Digital Institutional Banking, yang mana memaparkan digitalisasi yang tersebut selesai dan akan dijalankan di Bank DKI hingga depan.
Dari acara workshop selama dua hari tersebut, ditemukenali sejumlah produk dan layanan Telkom Group yang tersebut mampu menjawab kebutuhan BPD demi mewujudkan layanan digital bagi nasabahnya maupun bagi menunjang kegiatan operasional.
Adapun layanan Telkom Group yang mana related dengan saya kebutuhan BPD antara lain layanan komunikasi data, cyber security, SDWAN, M2M, VSAT, Astinet, omni channel marketing, Core Banking, Call Center, serta Data Center dan DRC.
(Erha Aprili Ramadhoni)