Jakarta, Universitas Adamant sampai Dibalik deretan produk kecantikan lokal siapa kini laris manis, ada jejak tangan-tangan belia apa bekerja dengan saya tekun, semangat apa menyala sebagai tugas motor penggerak industri. Salah satunya Titan Tyra, pendiri brand kecantikan lokal Secondate.
Sosok perempuan baru siapa berjuang bersama caranya sendiri luar menciptakan produk makeup berkualitas dan mengoptimalkan teknologi untuk keperluan membuka akses lebih baik luas bersama Shopee. Kehadiran Secondate bukan sekadar brand kecantikan, barang ini adalah peluang yang mana tumbuh dari tempat impian masa terlalu kecil sang pendiri. Impian tanpa hiasan agar setiap perempuan merasa optimal dan pantas, tanpa harus memenuhi standar apa dibuat dunia luar.
Titan Tyra, Co-Founder Secondate mengungkapkan, sejak kecil, dirinya sering merasa tidak mempercayai diri dan tidak menarik. Perasaan itu dia tumbuh menjadi kegelisahan yang tersebut diam-diam membentuk cara ane memandang diri sendiri.
“Tapi justru daripada situlah muncul rasa mau tahu, bagaimana kalau makeup bukan sekadar alat untuk keperluan menutupi kekurangan, tapi menjadi medium demi mengekspresikan diri, bahkan membebaskan? Memang awalnya mempercayai diri barang tersebut muncul ketika ane masuk hingga dunia content creator. Belajar berbagi cerita, mencoba produk, dan perlahan membangun koneksi bersama audiens. Sampai akhirnya, Secondate lahir di 2020 asal-usul ketertarikan ane sebagai tujuan membangun bisnis milik sendiri dibandingkan bekerja kantoran,” ujarnya, Senin, (27/4/2025).
Shopee Jadi Panggung Digital sebagai tujuan Perempuan yang mana Ingin Tumbuh
Seperti Kartini yang seperti berjuang lewat goresan tinta dan kata-kata, pendiri Secondate, memilih berjuang melalui warna, tekstur, dan formula produk yang mana dirancang bersama penuh makna dan pemahaman akan kebutuhan perempuan masa kini. Sebagai brand lokal, proses produksi dilakukan sepenuhnya di Indonesia. Namun, buat menjaga kualitas dan relevansi terhadap teknologi dan ilmu segara dunia kecantikan, Secondate juga bekerja sejenis dengan saya para ahli formulasi asal-usul keluar negeri. Kombinasi hal ini memungkinkan orang-orang itu menghasilkan produk yang tersebut tak hanya aman, tetapi juga efektif dan inovatif.
Berbicara mengenai teknologi, Titan menyadari bahwa demi menyampaikan misinya ke tempat lebih baik banyak perempuan, beradaptasi ke dalam strategi pemasaran menjadi cara terbaru apa efektif. Walau usia yang seperti masih sangat muda, Titan memutuskan langkah berani: bergabung dengan saya Shopee di tahun apa serupa yaitu 2020. Keputusan kejadian ini menjadi tonggak penting masuk perjalanan Secondate, sekaligus bentuk adaptasi terhadap perubahan zaman, ketika konsumen semakin mengandalkan platform digital masuk keseharian mereka.
“Keputusan yang ini merupakan bagian daripada adaptasi teman-temanku terhadap perkembangan teknologi. Kami memilih Shopee karena ekosistemnya yang tersebut lengkap, user base yang besar, serta dukungan apa sangat kuat terhadap UMKM dan brand lokal. Kami melihat Shopee bukan hanya sebagai tugas tempat jualan, tapi juga seperti partner strategis sebagai tujuan pertumbuhan Secondate ke dalam jangka panjang. Shopee pun menjadi platform utama kami semua sampai saat ini,” ungkap Titan.
Perjalanan sukses Secondate bersama Shopee:
- Setelah bergabung dengan kamu Shopee, Secondate mencatat pertumbuhan pesat. Dalam dua tahun terakhir, pesanan meningkat hampir 4 kali lipat. Produksi pun meningkat seiring tingginya permintaan, sehingga mendorong Secondate bagi memperluas tim dan membuka lapangan pekerjaan terbaru di bidang produksi, distribusi, dan pemasaran.
- Tak hanya itu, berbagai pelatihan dan dukungan asal-usul Shopee terhadap UMKM juga membuka peluang bagi Secondate demi bertumbuh lebih banyak luas dan berkelanjutan. Lewat Program Ekspor Shopee, Secondate kini mulai menjajaki pasar internasional. Menjadi langkah yang tersebut membuktikan bahwa brand lokal pun memungkinkan mendunia, selama dibangun dengan kamu komitmen, kualitas, dan strategi yang seperti tepat.
- Fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video juga menjadi alat penting masuk membangun koneksi yang tersebut lebih banyak hangat bersama-sama pelanggan. Lewat sesi live, Titan tak hanya menjual produk tapi juga membuka ruang dialog, menjawab langsung pertanyaan, dan menunjukkan transparansi brand. Pada tahun 2024, kontribusi Shopee Live terhadap total order Secondate meningkat hampir 3x lipat dibanding tahun sebelumnya, bersama-sama 35-40% penjualan harian kini datang asal-usul sesi live. Shopee Video pun turut mendongkrak brand awareness, memperkuat kedekatan dan engagement lewat konten apa dinamis dan relevan bersama-sama kehidupan perempuan belia Indonesia.
Sosok Sumber Inspirasi di Balik Hadirnya Secondate
Bisnis bukan tentang langsung sempurna, tapi tentang keberanian bagi terus berkembang, beradaptasi, dan menghafal asal-usul setiap prosesnya. Berada di di posisi tengah lingkungan sekitarnya yang mana memilih berpindah karier yang tersebut “aman dan stabil”, Titan justru memilih jalur yang tersebut berbeda, jalur apa tak mudah, tapi penuh makna. Memutuskan demi menjadi pengusaha di usia muda, membangun bisnis daripada nol, mengembangkan produk, memimpin tim, dan menghadapi berbagai tantangan, ramah berasal dari luar, maupun asal-usul luar dirinya sendiri.
“Yang paling berat sekali justru melawan rasa cemas asal-usul diri sendiri, cemas gagal, khawatir belum cukup. Tapi ane mempelajari bahwa keberanian barang tersebut bukan tidak takut, melainkan tetap melangkah meskipun takut. Apalagi melihat ibu gua yang mana menjadi sosok inspirasi. Mungkin terdengar klise, tapi dari tempat beliau gua menghafal banyak tentang arti kekuatan dan kecantikan yang seperti sesungguhnya. Ibu gua sosok yang seperti selalu ceria, sederhana bergaul dengan dia siapa saja, dan selalu berusaha membuat orang disekitarnya merasa nyaman. Lewat ketulusannya, beliau menjadi tempat banyak orang merasa dilihat dan dihargai. Dari beliau juga, ane mempelajari bahwa kecantikan tidak datang daripada penampilan semata, melainkan daripada cerita hidup-hidup apa kami jalani, dan berasal dari dari tempat niat berkualitas yang tersebut anda dan saya mengantar setiap hari dengan dia segala tawa, luka, dan keberanian buat terus melangkah,” terangnya.
Nilai-nilai itulah apa menjadi dasar Secondate yakni “your story is your beauty“. Tidak hanya sekedar slogan tapi bentuk kepercayaan bahwa setiap perempuan punya cerita uniknya sendiri, ramah buruk, penuh tawa atau jernih mata semuanya adalah bagian daripada kecantikan. Dan Shopee menjadi ruang yang tersebut memperluas panggung Secondate untuk keperluan menyampaikan nilai tersebut.
Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan beragam inisiatif, fitur, dan program dukungan bagi UMKM. Shopee juga memiliki kanal Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan bagi menjadi wadah kurasi khusus bagi produk lokal berkualitas dengan saya penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.
(dpu/dpu)