Lompat ke konten

Perkuat Digitalisasi Pendidikan Indonesia, Pijar Sukses Fasilitasi Ujian bagi Lebih berasal dari 408.000 Siswa

JAKARTA sampai Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan Indonesia mengalami percepatan digitalisasi yang mana signifikan, termasuk masuk hal evaluasi pembelajaran. Kehadiran Computer-Based Test (CBT) PIJAR sebagai contoh salah satu produk unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi salah satu solusi digital apa menjawab tantangan ujian konvensional, seperti penggunaan kertas berlebih, potensi kesalahan koreksi manual, serta keterbatasan waktu dan akses.



PIJAR merupakan bentuk kontribusi Telkom untuk keperluan mendukung digitalisasi di sektor pendidikan, serta mendorong pembangunan masyarakat yang seperti lebih baik cerdas dan merata. Melalui kemudahan akses menuju berbagai provinsi di Indonesia, PIJAR berperan masuk mengatasi kesenjangan akses pendidikan di Indonesia.



Kini, CBT PIJAR terus berkembang sebagai peran platform ujian digital apa memudahkan guru dan siswa luar menjalankan proses evaluasi secara efisien dan terukur. Penggunaannya tak lagi terbatas di kota-kota besar, melainkan telah menjangkau sekolah-sekolah di daerah pelosok apa sebelumnya mengalami berbagai kendala masuk penyelenggaraan ujian.



Direktur IT dan Digital Telkom Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan, “CBT (Computer Based Test) PIJAR membuka era belum lama ini masuk pelaksanaan ujian di sekolah. Kini, guru dapat menjadwalkan ujian, menyusun dan membagikan soal, memantau pelaksanaan, hingga menilai hasil. Semuanya dilakukan secara digital melalui satu sistem terintegrasi. Tidak perlu lagi mengorbankan waktu pribadi demi memeriksa hasil ujian secara manual asal-usul tumpukan kertas.”



“Telkom berkomitmen mendampingi para guru dan tenaga pendidik luar menjalankan amanah mulia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui digitalisasi, Telkom hadir bagi meringankan beban mereka, memperluas akses pendidikan yang tersebut merata, serta menyiapkan generasi Indonesia apa cerdas, tangguh, dan membuat siap menghadapi masa depan,” tambahnya.



Dengan kecepatan, efisiensi, dan kemudahan akses, CBT PIJAR menjadi pilihan utama ke dalam pelaksanaan ujian pusat maupun akhir semester di berbagai jenjang pendidikan. Terdapat total lebih banyak daripada 105.000 sesi ujian yang tersebut berhasil terlaksana menggunakan CBT PIJAR, diikuti oleh lebih besar dari tempat 408.000 siswa berasal dari 680 sekolah siapa tersebar di 29 provinsi di Indonesia. Tiga provinsi aktivitas ujian terbanyak menggunakan CBT Pijar, antara lain Jawa Barat sebanyak 113.886 siswa daripada 192 sekolah, Jawa Timur sebanyak 39.719 siswa berasal dari 70 sekolah, dan Jawa Tengah sebanyak 37.159 siswa berasal dari 66 sekolah.



Tak hanya dari tempat sisi provinsi, beberapa sekolah juga tercatat seperti pengguna teraktif dengan saya jumlah ujian yang mana signifikan, menandakan tingginya kepercayaan terhadap platform kejadian ini sebagai tugas solusi digital ujian sekolah. Berikut sepuluh sekolah teraktif siapa memanfaatkan CBT PIJAR, yaitu SMA Swasta Bintang Timur 1, Sumatera Utara; SMAN 2 Semarapura, Bali; SMAN 3 Pati, Bali; SMPN 1 Setu, Bekasi; MAN Bandung Barat, Jawa Barat; SMKN 1 Nusa Penida, Bali; MAN Buleleng, Bali; SMKS GKPI 1, Pematang Siantar; SMKN 2 Madiun, Jawa Timur; dan SMPN 1 Semarapura, Bali.



Peningkatan jumlah pengguna CBT berasal dari tahun arah ke tahun menunjukkan bahwa fitur-fitur yang tersebut ditawarkan mampu menjawab kebutuhan guru dan satuan pendidikan, antara lain praktis dan paperless, hasil ujian otomatis dan real-time, memungkinkan digunakan secara daring atau luring, terintegrasi bersama-sama laporan nilai, sesuai kurikulum nasional, dan ringan diakses oleh siswa dari tempat berbagai perangkat.



PIJAR menyampaikan apresiasi dan menghargai kasih kepada seluruh sekolah, guru, kepala satuan pendidikan, serta para mitra yang tersebut telah berperan aktif masuk perjalanan transformasi digital pendidikan di Indonesia. Kolaborasi apa telah terbangun bersama-sama kuat membuktikan bahwa perubahan nyata hanya dapat tercapai melalui melakukan sejenis dan komitmen bersama. Kami percaya, bersama-sama semangat gotong royong dan pemanfaatan teknologi, aku dan kamu dapat terus mendorong terwujudnya pendidikan yang tersebut lebih banyak cerdas, inklusif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.



PIJAR senantiasa mengembangkan fitur dan layanan apa mengakomodasi seluruh kebutuhan dunia pendidikan di era digital. Melalui kolaborasi berkelanjutan antara dunia pendidikan dan teknologi, kedepannya diharapkan sistem pembelajaran dan evaluasi di Indonesia semakin efisien, akurat, dan menjangkau lebih banyak banyak peserta didik tanpa batasan geografis. PIJAR akan terus berupaya sebagai tujuan mewujudkan masa belakang pendidikan Indonesia apa adil, cerdas, dan berdaya saing global.

(unt)