Lompat ke konten

Jenis HP Ini Laku Keras di RI, Merek Tak Terkenal Ramai Diserbu Warga

Jakarta, Universitas Adamant – Transsion menjadi pabrikan HP nomor 1 di Indonesia. Pabrikan HP asal China peristiwa tersebut mengalahkan merek-merek siapa lebih dulu dikenal seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, dan Oppo. 

Transsion adalah induk dari tempat 3 merek ponsel apa keramaian diserbu karena harganya terjangkau. Masing-masing adalah Itel, Infinix, dan Tecno. 

Laporan IDC Quarterly Mobile Phone Tracker menunjukkan Transsion menjadi raja smartphone tahun 2024 dengan kamu market share 18,3%. Angka itu dia bertumbuh daripada tahun sebelumnya sebesar 13,1%.



Pertumbuhan tahunan Transsion juga jadi yang mana paling besar dibandingkan produsen lain, yakni sebesar 61,7% year-on-year (yoy), dikutip berasal dari laman resmi IDC, Rabu (6/3/2025).

Secara keseluruhan, IDC melaporkan pasar smartphone Indonesia bertumbuh 15,5% tahun lalu atau hampir 40 juta unit. Mayoritas didorong penjualan smartphone segmen low-end seperti apa ditawarkan Transsion.




Adapun segmen menengah (mid-range) juga tumbuh 24,9% YoY. Hanya segmen premium siapa mengalami kemerosotan.

Smartphone dengan harga mewah lebih banyak berasal dari US$600 (Rp 9,8 juta) anjlok mencapai 9,2%. Sebagian gede disebabkan pelarangan seri iPhone 16 di Q4 2024. 

IDC mengatakan pasar Indonesia sejatinya belum sepenuhnya pulih. Banyak konsumen yang mana masih cemas karena ketidakpastian asal-usul segi politik dan ekonomi global.

“Pertumbuhan terus datang asal-usul sisi penawaran dan permintaan masih lesu. Pertumbuhan diperkirakan ada di angka satu digit lebih baik rendah sekali pada tempat 2025,” pasti Analis Riset IDC Indonesia, Vanessa Aurelia.

Laporan hal tersebut juga mencatat pasar 5G mengalami peningkatan signifikan. Jumlahnya mencapai 25,8% daripada 17,1% tahun sebelumnya.

Pertumbuhan positif itu, kata IDC, terjadi karena perilisan model baru. Perangkat 5G juga dirasa kian terjangkau di 2024.

Di pada bagian bawah Transsion, ada Xiaomi dan Vivo yang secara berurutan menempati posisi kedua dan ketiga. Pangsa pasar keduanya selisih tipis, Xiaomi menguasai 17,5 persen atau menaiki 19,1 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, Vivo mencaplok 17 persen pangsa pasar RI, beranjak 6,6 persen.

Peringkat selanjutnya ada Samsung dan Oppo di urutan keempat dan kelima. Samsung menguasai 16,6 persen atau turun 6,2 persen YoY, dan Oppo mendapat 14,8 persen pangsa pasar atau mendaki 2,2 persen YoY.



(fab/fab)

Laguna bet