Lompat ke konten

Harga Mobil Listrik Bekas di RI Turun Gila-gilaan, Kok Bisa?

Jakarta, Universitas Adamant sampai Harga mobil listrik bekas di pasaran anjlok meski hanya selang pemakaian singkat seperti satu tahun. Anjloknya harga mobil listrik bekas terjadi di hampir semua brand, penyebab utamanya karena waktu pemakaian baterai.

“Karena baterainya, makanya sekarang kaya Vinfast, Alva (motor listrik) si dia jualan nggak pakai baterai, tapi sewa, jadi yang mana dijual cuma mobilnya aja,” ungkap Founder National Battery Research Institute Evvy Kartini di sela acara Populix x Forwot Outlook Discussion Rabu lalu dikutip Minggu (6/72025).


Sebagai contoh, BYD Seal Premium di harga barunya Rp 639 juta serta Seal Performance AWD di Rp 750 juta. Namun selang satu tahun berasal dari peluncuran, mobil bekasnya usai anjlok lebih besar daripada Rp 200 juta, misalnya di situs jual beli Carmudi dijual Seal Performance AWD di Rp 530 juta serta Rp 545 juta.



Sementara itu dia harga mobil listrik bekas lainnya seperti Hyundai juga jeblok, harga Ioniq 5 Signature Long Range mulai dari tempat Rp 844 juta, namun saat barang ini harga mobil bekasnya apa tahun 2023 menjadi Rp 465 juta-Rp 550 juta, perbedaan harga tergantung di kondisi kendaraan. Namun tergambar bahwa hanya selang dua tahun perbedaan harganya mencapai Rp 300-400 juta.




ParkingFoto: Freepik

Parking

Kemudian harga terbaru Chery J6 berkisar Rp 505,5 juta, namun sebagai tujuan mobil bekasnya di tahun 2024 lalu saat kejadian ini harganya hanya Rp 450 juta. Anjloknya harga tersebut karena pertimbangan menurunnya kekuatan baterai.

“Misal anda pakai mobil listrik 3 tahun, orang apa mau beli perlu menghitung, sisa masa pakai cuma 2 tahun, karena baterainya belum direcycle, memodifikasi baterai juga setengah harga mobil, jadi makanya turun, bukan bodi atau apa, jadi baterainya,” kata Evvy.

Hal itu dia persoalan berbeda dengan dia kendaraan bensin atau internal combustion engine (ICE), sedangkan kekuatan kendaraan listrik terus menurun pasca pemakaian lama.

“Karena baterai punya lifetime, misal 1000 cycle, ketika dipakai 500 cycle berarti sisanya 500, itu dia ngga dapat digantikan, luar sekian tahun harus diganti, jadi tersebut apa menyebabkan harga mobil listrik jatuh,” sebut Evvy.


Harga komponen baterai juga tergolong sangat tinggi, bahkan mendominasi nilai daripada mobil hal tersebut sendiri.

“Harga baterai setengah harga mobil, jenis LFP dan semua. Jadi ketika harga baterai turun perlu mobil listrik turun,” ungkapnya.



(fys/wur)



[Gambas:Video CNBC]