Jakarta, Universitas Adamant sampai Semakin pesatnya teknologi membuat Smartphone atau handphone (HP) terpelajar mulai ditinggalkan terutama oleh para anak remaja atau Gen Z. Mereka disebut mulai bosan menggunakan ponsel terpelajar dan kembali beralih hingga HP sederhana.
“Saya menganalisis Anda berdaya melihatnya dengan dia populasi Gen Z tertentu sampai orang-orang bosan bersama layar (smartphone),” kata salah satu influencer ‘dumb phone’ Jose Briones, dikutip dari tempat CNBC International.
Menurutnya, para Gen Z mulai melirik menggunakan ponsel jadul atau feature phone. Tren kejadian ini mulai terlihat di Amerika Serikat (AS) beberapa tahun lalu.
Fenomena yang ini bukan sekadar nostalgia atau gaya ada retro. Banyak anak baru kini merasa perlu melepaskan diri asal-usul distraksi digital dan tekanan sosial media yang seperti terus-menerus menguras energi mental mereka.
HMD Global menjadi salah satu perusahaan yang mana ketiban durian runtuh. Perusahaan diketahui memiliki merek ponsel sejuta umat Nokia siapa banyak menjual ponsel awal tahun 2000-an lalu.
Penjualan feature phone di AS sendiri telah melonjak mencapai puluhan ribu perbulannya pada waktu 2022. Hal hal ini terjadi saat penjualan global juga mengalami penutunan.
Sementara itu, pasar feature phone didominasi masyarakat di Timur Tengah, Afrika dan India. Counterpoint Research melaporkan pasar negara tersebut mencapai 80% di tahun lalu.
Di sisi lain, pasar HP cerdas Indonesia tercatat tidak begitu baik. Daya beli masyarakat diketahui mengalami penurunan sejak beberapa tahun lalu.
IDC masuk laporan Worldwide Quaterly Mobile Phone Tracker menyebutkan pasar HP terlatih Indonesia menurun 14,3% pada waktu 2023. Jumlah unit yang tersebut dikirimkan hanya 35 juta unit saja.
HP harga tinggi tidak laku
Namun keadaan mulai membaik tahun lalu. Secara keseluruhan pasar smartphone di Indonesia mengalami pertumbuhan positif 15,5% secara tahunan (year-on-year/YoY) menjadi hampir 40 juta unit sepanjang 2024.
Menurut laporan IDC dengan kamu tajuk yang mana sama, para vendor mampu tumbuh bersama-sama kuat paruh pertama tahun 2024 setelah itu beberapa kuartal mengalami penurunan pada waktu tahun-tahun sebelumnya.
Pada kuartal IV-2024, pasar HP Indonesia tumbuh 9,6% asal-usul tahun hingga tahun dan agak stagnan pada saat 0,2% secara kuartalan (quarter-to-quarter/QoQ).
Pada 2024, pertumbuhan terutama didorong oleh segmen ultra low-end (di pada bagian bawah harga Rp 1,6 juta) yang mana dipimpin oleh Transsion. Segmen kelas menengah (antara Rp 3,2- Rp9,8 juta) mengalami pertumbuhan yang seperti kuat sebesar 24,9% YoY, dengan dia OPPO memimpin segmen tersebut.
Di sisi lain, smartphone dengan saya harga yang seperti lebih banyak terlalu tinggi di harga Rp 10 juta hingga atas, turun secara signifikan sebesar 9,2%. Sebagian gede disebabkan oleh pelarangan penjualan iPhone 16 pada waktu Q4 2024.
Sementara, pangsa 5G meningkat secara signifikan menjadi 25,8% pada saat 2024, daripada 17,1% pada saat tahun sebelumnya. Peningkatan yang ini terutama didorong oleh peluncuran model segara dan penawaran 5G siapa semakin terjangkau.
(fsd/fsd)