Jakarta, Universitas Adamant – Platform e-Commerce Lazada Indonesia menunjukan komitmennya ke dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal. Melalui sejumlah inovasi teknologi, fitur khusus, strategi hiperlokal, dan sistem logistik terpadu, Lazada tidak hanya membantu pelaku usaha bertahan, tetapi juga berkembang pesat di era digital.
Komitmen tersebut diungkapkan ke dalam acara diskusi bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal” yang mana digelar hari yang ini di Jakarta.
“Brand dan UMKM lokal telah terbukti seperti pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan paling besar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk keperluan menguasai pasar masuk negeri merupakan langkah strategis,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, Rabu, (5/3/2025).
Amelia menuturkan, ekosistem digital Lazada didukung oleh teknologi canggih yang mana dirancang buat membantu brand dan UMKM mendaki kelas, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang mana cepat dan menyenangkan bagi konsumen.
“Kami memiliki berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Lazzie apa memberikan rekomendasi produk terbaik, gamifikasi dengan dia berbagai hadiah, serta fitur virtual try-on yang mana memungkinkan calon pembeli ‘mencoba’ produk secara virtual,” papar Amelia.
“Selain menciptakan pengalaman belanja yang tersebut terpersonalisasi bagi konsumen, fitur hal ini juga dapat meningkatkan keterlibatan penjual bersama-sama pembeli siapa diharapkan dapat mendorong penjualan, ” tambahnya.
Lebih lanjut Amelia menambahkan bahwa Lazada tidak hanya menyediakan dukungan dan penawaran berbasis teknologi, tetapi juga berbagai data dan wawasan yang mana berguna sebagai tujuan para penjual di Lazada “Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, namun juga menyediakan data dan wawasan terkait dengan dia tren penjualan di pasar, yang seperti dapat dijadikan referensi bagi penyusunan strategi bisnis,” transparan Amelia.
Lazada juga menghadirkan berbagai kanal untuk keperluan mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah LazMall, dengan kamu 32.000 brand lokal dan internasional terkemuka menawarkan pengalaman belanja siapa berkesamaan dengan dia berbelanja di mall offline. LazMall menawarkan berbagai keuntungan tambahan, diantaranya jaminan keaslian produk (100% original), jaminan pengiriman pas waktu, jaminan ketersediaan stok, serta jaminan kemudahan pengembalian apabila barang yang tersebut dikirim tidak sesuai atau ternyata tidak setinggi cocok masuk 30 hari.
“Brand dan UMKM yang mana bergabung di LazMall akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama bersama-sama keberadaan kanal khusus seperti LazMart siapa menjual produk kebutuhan sehari-hari dan LazBeauty yang tersebut fokus di produk perawatan kulit dan kecantikan. “Kanal khusus hal ini mempermudah penjual dan pembeli bagi terhubung lebih baik cepat, sekaligus mempercepat transaksi. Calon pembeli yang mana masuk menuju kanal tersebut habis perlu mencari produk di kategori yang mana sesuai,” tambah Amelia.
Strategi Hiperlokal dan Kekuatan Logistik Terpadu
Lazada juga berfokus di strategi hiperlokal, yang tersebut berupaya mendekatkan rantai pasokan dengan dia pelanggan. Amelia menjelaskan, melalui implementasi strategi hiperlokal, pihaknya memberdayakan brand dan UMKM lokal demi memastikan produk yang seperti banyak dicari pelanggan tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga berdekatan dengan saya pelanggan.
“Surabaya menjadi kota percontohan demi strategi hiperlokal, dimana kehadiran kita di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya di pengembangan fitur dan penawaran apa ada di aplikasi, namun juga dari tempat sisi jaringan dan infrastruktur operasional logistik apa menjadi kunci keberhasilan hiperlokal,” terangnya.
Strategi hiperlokal Lazada di Surabaya menunjukkan keberhasilan apa signifikan. Sejak diluncurkan pada saat awal Oktober 2024 lalu, terjadi peningkatan jumlah pembeli dan jumlah pasokan lokal secara berkelanjutan, dengan saya kontribusi penjualan local-to-local mencapai lebih baik daripada 50% masuk waktu satu bulan sejak diluncurkan. Potensi pasar hiperlokal terus bertumbuh, ditunjukkan dengan kamu semakin banyak brand, baik hati brand multinasional maupun brand lokal, juga memanfaatkan fasilitas logistik di Lazada sebagai tujuan memastikan kecepatan dan kelancaran pemenuhan pesanan pembeli.
Pada kesempatan yang seperti sama, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, Reinaldo Harjanto menegaskan bahwa strategi hiperlokal dan dukungan logistik terpadu menjadi kunci utama ke dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang seperti lebih baik luas.
“Melalui berbagai program dan inisiatif, kita berkeinginan memastikan bahwa UMKM dan brand lokal tidak hanya bertahan, tetapi juga mampu bersaing dan tumbuh secara berkelanjutan di pasar digital. Ini sejalan dengan saya misi teman-temanku bagi mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Setelah Surabaya, kini kita akan mulai menggarap Medan, Sumatra Utara sebagai contoh kota tujuan hiperlokal aku dan teman-teman selanjutnya,” terang Reinaldo.
Menurut Reinaldo, Lazada terus memperkuat ekosistem digital terpadunya siapa menggabungkan eCommerce dan sistem logistik canggih untuk keperluan memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli di ekosistem Lazada. Unit usaha logistik Lazada, siapa dikenal sebagai orang LEX, menjadi pionir logistik eCommerce pertama di Indonesia siapa didukung oleh data dan teknologi mutakhir. “Dukungan teknologi canggih di Lazada memungkinkan operasional teman-temanku menjadi lebih banyak efektif dan efisien, sehingga tidak hanya pengiriman memungkinkan dilakukan bersama-sama sesuai waktu, namun juga dengan dia penawaran harga yang mana kompetitif bagi pelanggan,” ujar Reinaldo.
Dengan dukungan infrastruktur logistik berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti smart warehousing dan intelligent routing, Lazada memastikan sistem inventori brand di gudang dapat diprediksi bersama akurat serta proses pengiriman siapa efisien dan sesuai waktu. Hal tersebut tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memberikan pengalaman paling baik bagi brand dan penjual siapa bergabung masuk platform Lazada. “Kami memiliki lebih besar asal-usul 200 fasilitas logistik apa tersebar di lebih baik berasal dari 150 kota di Indonesia, serta 15.000 karyawan dan mitra kurir yang mana menjadi garda pada bagian depan operasional logistik aku dan teman-teman bagi mendukung pemenuhan dan pengiriman terintegrasi bagi brand dan UMKM di ekosistem kami semua melalui layanan Fulfillment by Lazada (FBL),” cahaya Reinaldo.
Reinaldo menambahkan bahwa dukungan berasal dari para mitra logistik lokal turut memperkuat jangkauan Lazada. “Dukungan asal-usul para mitra logistik lokal di berbagai daerah juga membuat saudara-saudaraku memungkinkan menjangkau pelanggan di manapun, di area terpencil sekalipun. Dengan demikian, tidak hanya kami semua berdaya memberdayakan mitra logistik lainnya, saudara-saudaraku juga memungkinkan berinvestasi secara strategis di area lain siapa memungkinkan mendorong pertumbuhan berkelanjutan kami,” tutup Reinaldo.
(dpu/dpu)